-->

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil





Merawat cat kendaraan beroda empat itu gampang-gampang susah. Pasti ada perasaan ga rela apabila kendaraan beroda empat kesayangannya baret terutama lantaran faktor eksternal bukan lantaran kesengajaan atau kecorobohan kita.

Baret, walaupun kecil tapi bagi beberapa orang sanggup menciptakan tidak sanggup tidur. Banyak cara menghilangkan baret pada kendaraan beroda empat yang sanggup anda temukan diberbagai media. Salah satunya baret sanggup dihilangkan dengan cara  pemolesan. Akan tetapi, tahukah anda memoles kendaraan beroda empat dengan materi abrasif maka cara kerja nya menghilangkan baret yakni dengan mengkikis cat kendaraan beroda empat anda?






Pada umumnya, cat kendaraan beroda empat terdiri dari 3 lapisan yang terdiri atas:

  1. Lapisan pertama yang disemprotkan pribadi di atas body kendaraan beroda empat yang dikenal dengan primer / prime coat / cat dasar.
  2. Lapisan kedua lapisan diatas primer yang dikenal dengan base coat, yaitu cat kendaraan beroda empat dengan warna yang berbeda-bedaa sesuai spek dari kendaraan beroda empat tersebut (warna cat yang kita lihat di kendaraan beroda empat merupakan warna base coat).
  3. Lapisan ketiga dan terluar yakni clear coat, yang memperlihatkan kesan mengkilap pada cat kendaraan beroda empat , terutama yang mobilnya berwarna cat metalik.


Pada gambar diatas sanggup dibandingkan permukaan kendaraan beroda empat gres yakni kinclong tanpa ada baret dan mulus menyerupai permukaan air. Maka dari itu timbul kesan mengkilap kinclong pada kendaraan beroda empat baru.


Gambar diatas yakni tipe-tipe baret pada cat mobil.

Yang paling ringan yakni baret yang hanya menggores penggalan clear coat. Biasanya juga disebabkan oleh hal-hal ringan menyerupai tergores kuku, tergesek debu pada dikala basuh mobil, tergesek bulu kemoceng, dll.

Baret tipe kedua yakni baret yang lebih dalam hingga tembus kena ke base coat atau malah sanggup hingga ke lapisan clear coat. Biasanya disebabkan lantaran srempetan, atau di baret oleh orang sirik memakai benda keras.

Baret tipe ketiga yakni baret yang tembus hingga kena metal / besi body kendaraan. Biasanya disebabkan oleh srempetan yang keras, tabrakan, atau dibaret oleh orang sirik memakai benda tajam menyerupai ujung runcing paku besi. Tipe baret ini yang berbahaya lantaran menciptakan besi body kendaraan beroda empat terpapar dengan udara dan air. Gabungan antara besi + udara + air yakni KARAT.

Kalau ada baret yang hingga kelihatan bodynya tidak ada cara lain, harus segera di tutup baret nya. Bisa dengan dibawa ke bengkel body atau sementara ditutup dengan cat memakai kuas kecil.


Ilustrasi diatas menerangkan baret halus yang dikikis memakai materi abrasif. Memang baret halus nya hilang, tapi sekaligus juga menipiskan cat clear coat yang ada di tempat tersebut.

Bila baret nya sudah hingga ke base coat harus hati-hati menggosok materi abrasif tersebut.
Karena cat base coat rata-rata berwarna doff atau tidak mengkilap. Bila kita gosok hingga benar-benar menghabiskan lapisan clear coat nya, maka sanggup makin amburadul cat nya, lantaran nanti yang terlihat malah lapisan base coat yang berwarna doff sehingga terlihat kontras dengan sekeliling nya yang masih mempunyai clear coat / mengkilap.


Jadi, bijaksanalah dalam memakai materi abrasif sebagai cara menghilangkan baret pada kendaraan beroda empat anda dan menciptakan kendaraan beroda empat anda kembali kinclong, lantaran bisa-bisa cat kendaraan beroda empat anda menjadi tidak anggun lagi jikalau kasusnya menyerupai gambaran di atas

0 Response to "Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel